Senin, 16 Juni 2008

Bilangan Pahala

irwan_POD@yamaha
Subject: Fw: tanya
Assalamualaikum Wr, Wb. Mohon maaf sudah mengganggu waktu ustadz. Saya ada pertanyaan titipan dari teman dekat. Mohon kiranya ustadz bisa menjawabnya disertai dalil2nya. ........yaitu : ingin menanyakan suatu masalah. Misalnya sesuatu yg ghaib atau apa sih istilahnya, kegiatan ibadah yang pahalanya dirahasiakan oleh Allah SWT. Maksudnya banyak orang tdk tahu apabila mereka melakukannya pahalanya sangat berlipat ganda. Pertanyaan sederhana mungkin kenapa dirahasiakan oleh Allah SWT. .Wassalam

*************************
Jawab :

Bismillahirrohmanirrohim,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,


Mas Irwan terima kasih atas emailnya, menjawab surat anda, maka sebenarnya anda bisa buka di Al-quran yang menerangkan banyak sekali tentang pahala, dan dengan pahala itu Allah SWT akan membalas kehidupan yang lebih baik. Dari penelusuran di Qurana, maka ayat yang menyatakan pahala dari Allah itu ada 114 ayat, beberapa saya copykan dibawah itu, namun tidak ada ayat yang memberikan bilangan pahalanya 10X atau 30X dsb, hanya tersirat dalam firman Allah Pahala yang besar. Nah besarnya berapa itu adalah hak Allah SWT.
Namun kalau mau nyari bilangan pahala, itu adanya di Hadits, bukan Quran. Kalau Hadist sumbernya tentu Rasullulah SAW. Dalam hadist banyak yang menerangkan bilangan pahala, misal : Sholat ditinggikan 27 derat, Sholat di Al-haram/Makkah = 100.000X dan di Masjid Nabi/Nabawi = 10.000X, dsb.......... silahkan buka hadists yang bisa dicari di beberapa kumpulan hadits.
Adapun ayat-ayat yang menerangkan pahala dan balasannya sbb :
35. Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mumin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berPUASA, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan PAHALA yang besar. (QS. 33:35)

6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka PAHALA yang tiada putus-putusnya. (QS. 95:6)

20. Sesungguhnya Rabbmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (shalat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar PAHALAnya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 73:20)

18. Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka PAHALA yang banyak. (QS. 57:18)
36. Sesungguhnya kehidupan dunia hanya permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman serta bertaqwa, Allah akan memberikan PAHALA kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu. (QS. 47:36)

Disarankan untuk tidak selalu menghitung atau mencari-cari besaran pahala, takutnya ibadah kita didasarkan bukan pada ke ikhlasan, namun karena didasar ada iming-iming pahala yang sekian kali. Padahal essensi ibadah kepada Allah SWT itu adalah iklas dan biarlah Allah SWT adalah penghitung yang baik atas pahala umatnya. Demikian semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr wb
baz

Tidak ada komentar: