Selasa, 26 Mei 2009

Hukum Mandi Junub ??

From: sulasio
To: Tauziyah@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, May 26, 2009 11:12 PM
Subject: [Tauziyah] mandi junub


assalamualaikum wr. wb.

mohon diberikan penjelasan (syarat, tatacara dan doa2) perihal mandi junub menurut ajaran agama islam, pernah saya mendengar mandi junub yang penting basah seluruh badan dari ujung rambut sampai ujung kali dan ada juga yang mengatakan cara mandi junub adalah basuh dengan air 3x sebalah kanan lalu di teruskan 3 x sebelah kiri dan 1 x kepala (rambut)

terimakasih atas penjelasannya
assalamualaikum wr wb



Jawab :

Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Ikut nimbrung, dan sekaligus melengkapi jawaban yang sudah ada dari Akh Ediyus dll, bhw mandi junub itu adalah mandi besar yand disebabkan karena keluarnya mani / mazi yang bisa disebabkan karena di sengaja (berhubungan suami istri) atau karena tidak sengaja (krn mimpi). Ini perlu di berikan pengantar dulu agar pembaca lain juga memahaminya.

Syarat mandi junub ?? yang paling pokok dan utama adalah niat Mandi Junub. Jadi semua amalan itu dalam Islam di dasarkan karena niatnya. Misal : mau sholat, yha disyaratkan niat sholat, demikian juga dengan kegiatan ibadah yang lain. Jadi yang utama adalah Niat. Tanpa niat, maka akan tertolak ibadah yang dilakukan. Dimana letak niat itu ?? yaitu ada di dalam hati. Apakah niat selalu di lafazkan (dibaca) - jawabnya bukan. Niat itu ada di dalam hati, namun kalau mau di lafazkan secara lisan di lidah juga tidak masalah. Tentang Niat itu sendiri di kalangan Ulama mahzab masih terjadi pertentangan (khilaf) - yaitu apakah di dalam hati atau dilafazkan. Namun apa yang dilakukan Rasullullah adalah meniatkan dalam hati, tidak melafazkan.

Bagaimana bunyi lafaznya ?? Kalau lafaz itu mau di baca lidah, ya boleh2 saja, yaitu : "Nawaitu, khusla lirofil hadazil akbari lillahita'alla" atau :"Aku niatkan mandi untuk menghilangkan hadaz besar karena Lillahita'ala'................

Tatacaranya bagaimana ?
Adapun urutan-urutan tata cara mandi junub, adalah sebagai berikut

Mencuci kedua tangan dengan tanah atau sabun lalu mencucinya sebelum dimasukan ke wajan tempat air
Menumpahkan air dari tangan kanan ke tangan kiri
Mencuci kemaluan dan dubur.
Najis-najis dibersihkan
Berwudhu sebagaimana untuk sholat, dan menurut jumhur disunnahkan untuk mengakhirkan mencuci kedua kaki
Memasukan jari-jari tangan yang basah dengan air ke sela-sela rambut, sampai ia yakin bahwa kulit kepalanya telah menjadi basah
Menyiram kepala dengan 3 kali siraman
Membersihkan seluruh anggota badan
Mencuci kaki
Catatan : dalam kehidupan sebenarnya, maka no:6 - 9 ini adalah melakukan 'Keramas' dan mandi besar (mandi badan).
Semua itu didasarkan pada penjelasan isteri Rasulullah SAW tentang bagaimana beliau mandi janabah. (sudah diberikan Mas Ediyuz)

Aisyah RA berkata, `Ketika mandi janabah, Nabi SAW memulainya dengan mencuci kedua tangannya, kemudian ia menumpahkan air dari tangan kanannya ke tangan kiri lalu ia mencuci kemaluannya kemudia berwudku seperti wudhu` orang shalat. Kemudian beliau mengambil air lalu memasukan jari-jari tangannya ke sela-sela rambutnya, dan apabila ia yakin semua kulit kepalanya telah basah beliau menyirami kepalnya 3 kali, kemudia beliau membersihkan seluruh tubhnya dengan air kemudia diakhir beliau mencuci kakinya (HR Bukhari/248 dan Muslim/316)

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahatullahi wabarakatuh,

Baz

Tidak ada komentar: