Selasa, 09 September 2008

Sholat Witir

بسم الله الرحمن الرحيم


Pak Ustadz mo tanya nih......apakah kalo sudah sholat witir kita tidak boleh sholat lagi...??? kalau begitu bagaimana mo tahajudnya..???
maksud saya kan sehabis sholat tarawih biasanya langsung sholat witir.....apakah witirnya ditunda dulu nah apabila sudah sholat tahajud baru witir...??? Ma'af Ustadz.....ada rekan saya yang bertanya kepada saya dan saya masih bingung.....
setahu saya sholat witir penutup sholat malam....

saya tunggu jawabannya Ustadz....terima kasih



Wassalam,

Iip Syaiful Rahman

*******************************
Jawab :

Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,


Mas Iip, sehabis WITIR, boleh sholat lagi ?? okey, arti witir adalah penutup atau penutup sholat pada malam itu. Jika dilakukan bagda Isya, witir adalah sholat terakhir di waktu Isya' itu. Lalu bgm apakah boleh melakukan tahajut ?? yha boleh saja, bukankah tahajut dilakukan afdholnya pada separo malam atau sepertiga malam terakhir, Jadi tahajut tergolong sholat pagi meskipun namanya lail (sholat malam) tapi waktunya di pagi hari. Hanya ketika anda melakukan Tahajut, maka sudah tidak perlu melakukan sholat witir lagi, karena sholat witir ini pada prinsipnya hanya dilakuan sekali saja sepanjang malam itu hingga subuh. Namun kalau antum yakin bisa bangun sebelum subuh lalu melakukan tahajut dan ditutup dengan witir yha tentu saja bisa. Witir adalah sholat sunah yang jumlah bilangan rokaatnya ganjil.

Demikian untuk diketahui walaualambisowab, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr wb

Baz

Tidak ada komentar: