Selasa, 09 September 2008

Kedudukan orang yang di Hizab

Assalammu'alaikum wr.wb.

Afwan ustadz, ane mo tanya mengenai sabda Rasulullah dibwah ini

“Yaitu mereka yang tidak meminta diruqyah, tidak merajah, tidak tathayyur dan kepada Rabbnya mereka bertawakkal.”, yang disertai dengan melaksanakan amal-amal sholeh yang diwajibkan atas mereka.
( “Fatawa Ash-Shiyam” karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin )

Yang dimaksud di ruqyah disini apakah perbuatan yang kurang baik?setahu saya ruqyah yaitu semacam pengobatan dengan system islami, tapi kenapa sepertinya disejajarkan dgn perbuatan yang kurang baik..

dan saya juga mau tanya artinya tidak merajah dan tidak tathayyur apa ya ustadz??

jazakumullah khoiron katsiira..

erfan

*****************************

Jawab :
Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,


Mas Erfan, Pengertian rukyah itu adalah metode menghilangkan gangguan yang disebabkan oleh jin / syetan. Artinya jika orang pernah minta di rukyah ini tentu bukan orang yang di ganggu jin, namun yang di maksud adalah orang yang menghilangkan 'jimat' dll. Karena jimat / pengasihan / susuk dll itu adalah pekerjaan Jin yang ada di badan manusia,. Untuk menghilangkannya perlu di rukyah. Jadi yang dimaksud sini adalah orang yang datang minta rukyah karena di tubuhnya ada pengasihan dll .

Lalu merajah, itu adalah datang kepada orang pintar (dukun) untuk mencari tahu nasib. Spt apa nasibnya 3 tahun lagi misalnya, atau seperti apa nasibnya setelah pegang jabatan ini dan itu .dsb ............... jadi kontek rajah adalah mencuri ketentuan Allah melalui perantaraan jin ./ syetan yang di manusia di makelari oleh dukun / paranormal dll.

Jadi orang2 yang pernah minta pengasihan / punya jimat atau pernah pergi ke dukun untuk mencari tahu nasib hidupnya dsb itu tentu tidak akan merupakan tanda-tanda orang yang bebas hizab. Orang bebas masuk surga tanpa hizab itu cirinya adalah orang yang tidak pernah melakukan pekerjan-pekerjaan itu tadi. Demikian untuk diketahui walahualambisowab. semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr wb.

baz

Tidak ada komentar: