Rabu, 06 Agustus 2008

Tanya : Berkenaan dengan Kehamilan

Assalamu 'alaikumwr wb

Pak Ustad yang dirahmati oleh Alloh SWT

Alhamdulillah Istri saya sedang hamil 3 bulan, berkenaan dengan ini saya mendapat banyak masukan dari rekan dan keluarga untuk membacakan Surah An Nisaa', Al Kahfi, Yusuf, Maryam pada bulan ke 4 masa kehamilan, bertepatan dengan Insya Allah di tiupkannya Ruh ke janin anak saya.

Mohon pencerahannya, apakah ini ada tuntunannya? dan mohon sharingnya juga, berkenaan dengan kehamilan adakah amalan amalan yang di anjurkan menurut Islam?

Wwassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Agus Prasetyo


Batam
*******************

Jawab :

Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulilah ikut senang dengan kahamilan istri yang insyAllah akan lahir 6 bulan lagi. Semoga persalinan selamat dan dikaruniai anak sholeh/solehah.

Menjawab pertanyaa mas Agus, maka bisa dijawab bahwa sejauh ini belum/tidak ada tuntunan Rasullulah yang jelas tentang menghadapi kehamilan. Artinya bahwa tidak ditemukan dalil tentang ibadah khusus dalam rangka menghadapi kehamilan istri. Jadi kalau ada yang mengatakan harus ini, itu, baca ini - itu .dsb itu sebenarnya tidak ada dalilnya. Namun baca suroh2 Kitab Suci Qur'an sangatlah dianjurkan, namun anjuran ini bebas mau dilakukan kapan saja.

Diantara ulama sebenarnya ada perbedaan pandangan tentang masalah2 spt ini, Ulama yang satu melarang kegiatan yang tidak ada tuntunan dari Rasullulah - artinya kalau dilakukan jadi bid'ah dan mengada-ada, Otomatis kalau mengada-ada maka amalannya diyakini tertolak. Namun ulama yang lain mengakui bahwa selama itu baik dan tidak mengandung kemaksiatan, maka boleh dilakukan.

Jadi membaca suroh pada saat istri hamil dll ini adalah sebuah fenomena sosial saja. Nah sekarang tergantung anda, kalau mau dilakukan yha yakini bahwa itu benar, namun kalau tidak yha memang tidak ada dalil yang melarang atau menganjurkan. Silahkan antum bisa pilih sendiri, semoga bermanfaat.

Wassalam wr wb

Tidak ada komentar: