Rabu, 20 Agustus 2008

Jumlah Rokaat sholat Dhuha

Salam'alaykum,
Izzayak Yaa Ust?lama yah tdk keep in touch, even ana sll baca artikel antum (Subhanallah deh, makin keren artikelnya, berbobot).
Btw, Ust afwan ni ganggu, ana mau make sure aja soal dalil raka'at shalat Dhuha, sbnrnya yg shahih 2 raka'at atau 4 yah?
mohon pencerahannya ya Ust..
Syukron Jazakallah...

Wassalam
kuunfayakoen

******************
Jawab :

Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Ukhti Koen - kaifa haluk ?? semoga selalu sehat. Lama yha nggak ketemu, semoga keluarga selalu rukun dan dinaungi iman, islam dan ikhsan.

Menyambung pertanyaan anti, ini ada hadists yang ana cuplik tentang sholat dhuha :

Wajib bagi setiap sendi-sendi salah seorang dari antara kalian untuk bersedekah setiap hari. Setiap tasbih adalah shodaqoh, setiap tahmid adalah shodaqoh, setiap tahlil adalah shodaqoh, setiap takbir adalah shodaqoh, amar ma?ruf adalah shodaqoh. Nahyi al-munkar adalah shodaqoh. Dan cukup menggantikan itu semua dua rakaat yang dilaksanakan di waktu dhuha?
(HR. Muslim No. 720, Kitab Sholatul Musafirin Wa Qashruha, Bab Istihbab Sholat Adh-Dhuha. Jami?ul Ushul 9/436)

Dari hadist diatas, dapat disimpulkan (sementara) bahwa sholat dhuha itu dilakukan minimal 2 rokaat. Mengapa sementara ?? siapa tahu nanti kita ketemu hadist yang lebih shoheh. Namun batasan - dilakukan berapa rokaat memang tidak ada keterangan hadist yang membatasinya, jadi misal mau 4 rokaat yha tentu boleh, sebab memang tidak ada larangan. Demikian ukhti untuk sementara jawaban ane, semoga bermanfaat walahualambisowab. Subhaanaka-lloohumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta, Astaghfiruka wa atuubu ilaika... Wassalamualaikum wr. wb.

Baz

1 komentar:

Ummu Nabil Al-Khansa mengatakan...

Jazakumullah Khairan Katsiro
have ID for Yahoo Messenger Ust?
need to talk to u
Wassalam